Jumat, 11 Maret 2016

Aksi Melukis 1.000 Topeng di Yogyakarta Pecahkan Rekor

Tari Topeng Bali (sumber. indonesiakaya.com)
By Fathi Mahmud on 11 Mar 2016 at 17:01 WIB

Liputan6.com, Yogyakarta - Lukisan topeng yang dilukis anak-anak TK hingga SMA akan dipamerkan di Sangkring Art Space Nitiprayan RT 01 RW 20 No 88 Ngestiharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Felix Satrio, Ketua Panitia Lukis 1.000 Topeng, mengatakan pameran lukisan topeng ini hasil dari lomba seribu topeng yang sudah digelar sejak 20 Februari 2016.

Acara ini diikuti anak-anak TK hingga tingkat SMA yang melukis topeng dengan berbagai gaya, mulai dari corak Nusantara hingga Tiongkok.

"Pembukaan pameran dari pukul 16.00-17.00 WIB besok Sabtu 12 Maret 2016.  Hasil dari lomba seribu topeng yang lalu di sekolahan, khususnya Budi Mulia," ujar Felix, Jumat (11/3/2016).

Menurut Felix, selain akan diserahkan rekor Muri lukisan topeng terbanyak yang dilukis anak-anak. Acara ini akan dihadiri Martinus Dwi Maryanto, Ketua Balai Teknologi Pendidikan DIY.
"Acara ini juga akan dihibur tari topenganak di Sangkring Art Space," ucap Felix.

Tujuan dari pameran seribu topeng di Sangkring ini adalah mengenalkan anak pada perpaduan budaya antara Nusantara dengan Tiongkok melalui lukisan topeng. Sehingga anak dapat mengenal dan menghargai budaya masing-masing.

Ia menambahkan, "Banyak budaya edukasi tentang akulturasinya, bagaimana topeng Tiongkok saling mempengaruhi. Nanti saat acara juga ada demo dari pelukis dari Tiongkok Xie Zhong Ren dan lokal tentu dengan gaya Tiongkok dan lokal."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar