Kamis, 18 Februari 2016

Turki meluncurkan serangan setelah ledakan Ankara;

 Zeynep Bilginsoy dan Joshua Berlinger , CNN
Updated 1126 GMT (1926 HKT) 18 Februari 2016
Turki militer: Ledakan Mematikan sebuah 'serangan teror' 02:53
cerita highlights
Turki mengatakan itu menargetkan PKK di serangan udara yang
Perdana Menteri mengatakan nasional Suriah dengan link ke YPG dilakukan serangan
 Enam tentara tewas dalam serangan terhadap sebuah kendaraan militer lapis baja di Turki tenggara
Ankara, Turki (CNN) Enam tentara tewas dan seorang lainnya terluka dalam serangan bom pinggir jalan yang menabrak sebuah kendaraan militer lapis baja di provinsi Turki tenggara Diyarbakir pada hari Kamis, kantor berita semi-resmi Anadolu melaporkan, mengutip pernyataan dari Staf Umum Turki
Serangan itu datang sebagai militer Turki melancarkan serangan udara di Irak utara yang diikuti ledakan hari Rabu di Ankara di mana 28 orang tewas dan 61 lainnya luka-luka.

Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menegaskan serangan pada hari Kamis dan mengatakan serangan di Ankara dilakukan oleh Saleh Najar, pria kelahiran Suriah utara. Dia diduga memiliki link ke YPG, kelompok separatis Kurdi.

"Telah terungkap bahwa anggota YPG yang menyusup dari Suriah dengan anggota organisasi teror separatis dilakukan serangan ini," kata Davutoglu.

Turki menyalahkan PKK - kelompok separatis Kurdi lain bahwa Amerika Serikat dan Turki keduanya memanggil organisasi teror - untuk serangan Kamis.


Menteri Dalam Negeri Efkan Ala mengatakan bahwa 14 orang telah ditahan di berbagai provinsi di seluruh negeri sehubungan dengan ledakan Ankara, menurut Anadolu.



Serangan teror Turki tertangkap di video 00:56
Saleh Muslim, kepala YPG, membantah bahwa kelompok Kurdi Suriah bertanggung jawab atas pemboman di ibukota.

Ledakan Rabu terjadi di dekat tiga kendaraan militer dan kendaraan pribadi di pusat Ankara, dikelilingi oleh bangunan Parlemen Turki, Anadolu melaporkan. Kendaraan itu berhenti di lampu lalu lintas.

Pihak berwenang yakin kendaraan bermuatan bom menyebabkan ledakan, KiliƧlar mengatakan, menurut Anadolu.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa 20 dari mereka yang tewas adalah personil militer.
Video ditayangkan di CNN Turk menunjukkan api besar mencapai ke arah langit malam dari daerah di tanah. Lampu dari berbagai kendaraan darurat melintas di dekatnya.
Turki militer: Ledakan Mematikan sebuah 'serangan teror' 02:53
Serangan udara
Militer Turki mengatakan pihaknya menargetkan "atas angka" dari PKK di serangan udara hari Kamis. Irak Utara adalah rumah bagi mayoritas penduduk Kurdi negara itu.

Seorang pemimpin atas PKK, Cemil Bayik, mengatakan organisasinya tidak tahu siapa yang melakukan serangan Rabu di Ankara.
"Kami tahu ada orang-orang yang telah melakukan tindakan seperti sebelumnya sebagai pembalasan pembantaian di Kurdistan," kata Bayik dalam sebuah wawancara dengan Firat News Agency PKK berafiliasi. "Mereka yang melakukan serangan itu mungkin akan mengumumkan mengapa segera."
Tidak ada klaim dilaporkan tanggung jawab.
kelompok Kurdi bersenjata
Jadi, mengapa para pemimpin Turki menyalahkan PKK jika mereka tidak mengklaim tanggung jawab? Dan apakah yang YPG harus dilakukan dengan itu?
Seperti kebanyakan masalah di Timur Tengah, itu rumit.
Berikut versi yang sangat singkat:
Kurdi, penyebaran etnis minoritas di bagian berpotongan Turki, Suriah dan Irak, telah lama ingin negara independen mereka sendiri.
PKK mengangkat senjata untuk penyebab dan telah melakukan serangan serupa dengan yang Ankara di masa lalu.
The YPG adalah sayap bersenjata dari PYD, kelompok separatis Kurdi lain yang berbasis di Suriah, dan Turki melihatnya sebagai afiliasi dari PKK. Negara ini mengatakan YPG dan PKK yang kedua organisasi teroris.
Kurdi berjuang ISIS
Tapi YPG telah menjadi salah satu kelompok paling sukses memerangi ISIS, jadi sekarang mereka mendapatkan bantuan dari koalisi pimpinan AS.
Itu ditarik kemarahan Presiden Turki Erdogan, yang pekan lalu mengatakan AS bertanggung jawab untuk "lautan darah" di Suriah karena dukungan untuk YPG.
"YPG adalah bagian dari organisasi teror separatis," kata Davutoglu pada hari Kamis setelah serangan Ankara. "Ini sudah kita kenal, tapi kami berharap tindakan ini menunjukkan semua sekutu kita dan dunia fakta ini."
Solidaritas
"Tekad kami untuk merespon dalam bentuk terhadap serangan tersebut terhadap persatuan dan masa depan kita dari luar dan dalam bahkan lebih diperkuat melalui serangan tersebut," kata Erdogan dalam sebuah pernyataan setelah serangan. "Turki tidak akan ragu untuk menggunakan haknya untuk membela diri kapan saja, di mana saja, dan dalam segala situasi."
Ahli: 'Tidak ada yang' melihat jijik politik Turki datang 05:04
Pikirannya didengungkan oleh Menteri Pertahanan AS Ash Carter.
"Kami sangat mengutuk serangan pengecut ini yang tampaknya telah menargetkan bus yang membawa personel militer Turki. Kami berdiri dengan sekutu Turki kami dalam menghadapi tindakan mengerikan ini, yang hanya memperkuat tekad kami untuk memperdalam kerjasama berkelanjutan kami dalam memerangi terorisme," katanya kata.
Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "tidak ada pembenaran untuk kejahatan barbar. Its penyelenggara dan dalang harus membayar untuk apa yang mereka lakukan. Apa yang terjadi, sekali lagi, menunjukkan kebutuhan dari kesatuan semua negara di memerangi internasional terorisme."
CNN Jason Hanna, Hamdi Alkhshali, Yousuf Basil, Christine Theodoroum, Arwa Damon, Alla Eshchenko dan Greg Botelho kontribusi untuk laporan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar