Kamis, 18 Februari 2016

Hadapi Rusia, Inggris Andalkan Jet Siluman Tercanggih di Dunia F-35b Muhaimin


SINDONEWS.Com
Rabu,  30 September 2015 - 13:33 WIB

Inggris andalakan jet tempur siluman tercanggih di dunia, F-35b untuk hadapi Rusia. | (Daily Mail)

LONDON - Inggris tak gentar untuk menghadapi negara-negara yang dianggap agresif seperti Rusia dan China, karena memiliki pesawat jet tempur siluman tercanggih di dunia. Nama pesawat jet siluman itu adalah F-35b Lightning II.

Pesawat jet tempur tercanggih di dunia itu akan terbang dari kapal induk Inggris tahun 2020. Jet F-35b diklaim berisiko kecil untuk terlacak radar dan segera dikerahkan untuk misi rahasia ke benteng pertahanan musuh. Pesawat jet siluman ini juga memiliki radar khusus yang mencegah musuh “mengunci” pesawat dengan rudal.


Daily Mail diberi akses ke kokpit pesawat kemarin untuk membuat simulator skenario di mana pesawat tempur mengoperasikan sistem rudal darat yang jadi ancaman hebat dari pesawat itu.

Pesawat F-35b juga memberikan akses bagi pilot untuk memiliki pandangan 360 derajat. Fasilitas itu mengandalan enam kamera eksternal. Biaya proyek pesawat jet siluman tercanggih di dunia itu mencapai 100 juta pondsterling.

Pesawat ini digadang-gadang menjadi tulang punggung kekuatan udara sekutu untuk 50 tahun ke depan. Amerika Serikat, Italia, Kanada, Turki dan Australia juga sedang membuat program pertahanan dengan pengadaan pesawat jet F-35 yang terkenal sangat mahal.

Over, direktur pengembangan bisnis internasional untuk program F-35, mengatakan pesawat jet tempur siluman tercanggih Inggris itu akan menegaskan kembali Inggris dan sekutunya sebagai kekuatan global.

“F-35 akan menghalangi negara yang besar. Ketika Perang Dingin berakhir, ada yang akan berpikir bahwa kita masih akan berhadapan dengan negara yang agresif seperti Rusia. Negara-negara seperti Rusia dan China akan mendorong sampai mereka memenuhi titik resistensi dan pesawat ini memberikan negara-negara seperti Inggris di puncak,” katanya, Rabu (30/9/2015).

”Hal ini membuat Inggris menjadi kekuatan tangguh. Ini akan melihat Inggris bekerja dengan koalisi untuk memberikan kemampuan umum, sehingga semua dapat berjuang bersama-sama dan mengalahkan seluruh negara,” lanjut dia.

Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, telah berbicara tentang bagaimana dia membayangkan masa depan Inggris yang lebih “interoperabilitas” dan kerjasama di antara sekutu untuk melawan musuh bersama. Menurutnya, Inggris sangat bisa mengandalkan pesawat F-35 untuk terbang dari kapal induk di mana saja, di masa depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar