Minggu, 21 Februari 2016

Suarez-Neymar Bawa Barca Atasi Las Palmas 2-1

gu 21 Feb 2016, 00:14 WIB
Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Suarez-Neymar Bawa Barca Atasi Las Palmas 2-1Foto: Getty Images Sport/Denis Doyle
Las Palmas - Barcelona mendapatkan perlawanan ketat kala bertandang ke tim papan bawah, Las Palmas. Blaugranayang cukup kerepotan cuma mampu menang tipis 2-1.

Bertandang ke Estadio de Gran Canaria, Sabtu (21/2/2016) malam WIB, Barca tak dibiarkan leluasa menguasai bola.Whoscored mencatat anak asuh Luis Enrique cuma memegang bola sebesar 52%, jauh dari rata-rata mereka di liga yang mencapai 62,5%.

Dengan penguasaan bola itu, Barca melepaskan 13 percobaan dengan delapan menemui sasaran. Sedang Las Palmas punya 16 tembakan, di mana cuma tiga yang mengarah ke gawang.

Luis Suarez membawa Barca unggul cepat di menit ke-6. Tapi keunggulan tersebut tak bertahan lama, dengan Willian Jose menyamakan kedudukan empat menit berselang.

Gol dari Neymar di menit ke-39 membawa Barca kembali memimpin. Gol itu sekaligus memastikan kemenangan anak-anak Catalan.

Tambahan tiga poin memperpanjang laju tak terkalahkan Barca menjadi 32 laga. Mereka masih kukuh di puncak klasemen dengan nilai 63 dari 25 pekan. Sementara Las Palmas ada di posisi 18 dengan 21 angka.

Jalannya Pertandingan

Barca lebih dahulu mendapatkan ancaman di menit ke-3 melalui tendangan bebas. Sepakan Jonathan Viera cuma melesat tipis ke kiri gawang Claudio Bravo.

Tiga menit berselang, Barca memimpin. Jordi Alba menusuk di sisi kiri, melepaskan umpan silang mendatar, dan bola disontek Suarez di tiang jauh.

Tapi keunggulan Barca tak bertahan lama. Tepat menit di menit ke-10,  Willian Jose mendapatkan umpan terobosan di sisi kiri di dalam kotak penalti, melepaskan diri dari penjagaan, lalu menyelesaikan peluang dengan sepakan kaki kiri untuk menaklukkan Bravo.

Lima menit berselang, Barca mendapatkan kans melalui Lionel Messi. Sepakannya meneruskan umpan terobosan Andres Iniesta masih mampu ditepis kiper Las Palmas Javi Varas di pojok kiri atas gawang.

Las Palmas mencoba menyengat lewat serangan balik tak lama berselang. Namun percobaan dari Momo masih melambung.

Barca kembali menekan di menit ke-17 melalui tendangan Iniesta. Tapi Varas kembali sigap menghalau bola. Upaya lanjutan dari Barca lewat Arda Turan bisa diredam.

Sepuluh menit berselang, Barca membuang sebuah peluang bagus untuk kembali memimpin. Dari sisi kiri, Messi mengarahkan tendangan bebas ke tiang jauh. Suarez dalam posisi cukup bebas menyambut bola dengan sundulan, tapi gagal mengarahkannya ke gawang. Bola meluncur tipis di kanan tiang gawang.

Barca akhirnya kembali memimpin di menit ke-39. Mendapatkan bola di kanan, Suarez merangsek dan mengecoh satu pemain untuk melepaskan umpan silang ke depan gawang. Messi menyontek bola ke arah gawang, tapi Varas masih sigap menepis. Meski begitu bola pantulan berada dalam jangkauan Neymar dan dicocornya untuk jadi gol.

Jelang babak pertama berakhir, Las Palmas sempat memberikan ancaman melalui Roque Mesa. Hanya saja upayanya melebar ke kanan. Barca menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-1.

Sebuah percobaan jarak jauh dari Viera dua menit babak kedua berjalan mengarah ke gawang Barca. Bravo mengamankannya tanpa kesulitan berarti.

Tak lama berselang, Barca balas menekan. Bola sodoran Dani Alves disambar Suarez di tengah kotak penalti. Varas dengan cemerlang menghalau bola dan mencegah gol ketiga Barca.

Las Palmas mulai lebih berani menekan. Mereka memberikan ancaman lain untuk Barca di menit ke-60 melalui sepakan keras Viera dari depan kotak penalti. Bravo menepis bola, pantulannya kemudian disambar Willian Jose ke dalam gawang. Tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Sepakan dari Suarez di menit ke-70 meneruskan umpan Alba masih belum mengubah kedudukan. Bola bisa diamankan Varas.

Berikutnya, Las Palmas punya sejumlah kans. Di menit ke-78, sepakan Sergio Araujo dari luar kotak penalti melenceng tipis ke kanan. Sebuah skema serangan cepat lainnya di menit ke-83 juga membuat gawang Barca terancam.

Willian Jose memainkan umpan terobosan ke Araujo yang bergerak ke dalam kotak penalti. Dia lantas mencoba melepaskan sepakan kaki kiri ke pojok kanan bawah. Bravo sudah mati langkah, tapi bola cuma melebar.

Araujo lagi-lagi menebar ancaman untuk Barca di menit-menit akhir. Kali ini dia menerima umpan Roque di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan kaki kanan. Masih melebar ke kiri gawang.

Sampai laga usai, tak ada lagi gol tercipta. Barca menang 2-1.

Susunan pemain:

Las Palmas: Varas; Garcia, Aythami, Bigas, Garrido; Roque; El Zhar, Tana, Viera, Momo; Willian Jose

Barcelona: Bravo; Alves, Mascherano, Mathieu, Alba; Arda (Rakitic 46'), Sergi, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar (raw/rin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar